Lakukan Mediasi, Pj Bupati Tebo Aspan Jamin 5 Perangkat Desa Jambu Kembali Kerja Pelantikan Kades di Tebo Serentak Dilaksanakan di Taman Tanggo Rajo, Ini Kata Aspan Lantik 39 Kades Terpilih, Pj Bupati Tebo Minta Kades Segera Bekerja 4 Pejabat Eselon II Pemkab Tebo Diambil Sumpah Jabatan, 1 Orang Dimutasi WALHI Jambi dan LP2LH Laporkan Dinas Kesehatan dan KB ke Kejaksaan Negeri Tebo

Home / Berita / Komunitas / Nasional / Tebo

Selasa, 4 Juni 2024 - 20:34 WIB

Dari Nusantara Fund,  PD AMAN TEBO Bangun Rumah Singgah dan Rehabilitasi Hutan Adat komunitas Teluk Jambu

Penanaman bibit durian oleh Ketua PD AMAN Tebo Dedi Suhendra

Penanaman bibit durian oleh Ketua PD AMAN Tebo Dedi Suhendra

KATANETIZEN.id, Tebo, Pengurus Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantata (PD AMAN) Kabupaten Tebo kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian hutan adat dengan mengadakan kegiatan penanaman pohon buah buahan durian dan lain lain. sebagai bagian dari program rehabilitasi dan restorasi hutan adat di Teluk Jambu Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi manfaat  hutan adat sebagai tempat beramu sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat adat setempat.

Penanaman bibit alpukat oleh kades Bungo Tanjung

Kegiatan penanaman di Hutan Adat Teluk Jambu yang diadakan pada 4 Juni 2024 ini melibatkan berbagai pihak, mulai dari masyarakat adat, pemerintah desa, dan Barisan Pemuda Adat. Jenis pohon buah buahan ditanam di lahan hutan adat di lingkungan masyarakat Adat yang telah mengalami kerusakan akibat aktivitas ilegal dan bencana alam.

 

Ketua PD AMAN TEBO, Dedi Suhendra, menyatakan bahwa pemilihan durian, alpukat dan yg lain bukan hanya didasarkan pada nilai ekonomis yang tinggi, tetapi juga pada kemampuan semua jenis pohon ini untuk memperbaiki struktur tanah dan menyerap air, sehingga dapat mencegah erosi dan banjir.

Penyerahan bibit oleh Ketua PD AMAN Tebo Dedi Suhendra ke Kades Bungo Tanjung

“Penanaman durian dan alpukat ini merupakan langkah strategis untuk memastikan keberlanjutan hutan adat kita. Selain menjaga ekosistem, kami berharap hasil dari tanaman ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat adat, jika bersepakat pula nanti sama sama kita tanam kopi. Kami siapkan bibit kopi dari BUMA. 10 ribu bibit, tapi bermusyawarah mufakat dulu kita untuk ke depan sama sama di jaga. Hulunya kita bangun, hilirnya sudah kita siapkan,” ujar Dedi yang juga di beri gelar Datuk Panglimo Kuncit di sela sambutannya saat penyerahan bibit dan peresmian bangunan rumah singgah AMAN.

Juga sebelum penanaman sekaligus peresmian rumah singgah yang nanti difungsikan tempat anak anak muda belajar adat dan kerjainan lain.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah desa. Kepala Desa Bungo Tanjung, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengucapkan terimakasih perhatian semua pihak terutama PD AMAN TEBO dan Datuk ketua komunitas “Program ini sejalan dengan visi kami untuk menjaga kelestarian hutan adat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami akan terus mendukung kegiatan semacam ini,” katanya.

Juga turut menyampaikan datuk M. Syafi’i, menyampaikan rasa syukur pada program PD AMAN yang di suport dari  NUSANTARA FUND ini. “Kami sangat bersyukur dengan adanya program ini. Kami berharap hutan adat kami bisa kembali hijau dan hasil dari durian, alpukat  bisa membantu perekonomian keluarga kami,” ujarnya.

Rapat adat di rumah singgah PD AMAN Tebo

Program rehabilitasi dan restorasi hutan adat PD AMAN TEBO  di Hutan Adat Teluk Jambu ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan memajukan kesejahteraan masyarakat adat. Dengan sinergi antara berbagai pihak, hutan adat di Tebo diharapkan kembali subur dan memberikan manfaat berkelanjutan bagi generasi mendatang.

 

Penulis : Hamdi Lassepa

Share :

Baca Juga

Nisa (Tengah) Lolos Sebagai Paskibraka Tingkat Nasional, foto : Ist

Berita

Anak Pedagang Es Krim Asal Tebo Lolos Paskibraka Tingkat Nasional

Hukrim

Lebih Ringan, Mantan Ketua PPK Sumay dan Tengah Ilir Divonis 4 Bulan Penjara

Berita

Bawaslu Resmi Laporkan Ketua PPK Sumay dan Tengah Ilir ke Polres Tebo
Mbah

Berita

DPC PKB Tebo Gelar Doa Bersama Jelang Pendaftaran Bacaleg ke KPU
Kemenag

Berita

Guru Madrasah Non PNS Akan Terima Insentif, Simak Caranya

Berita

Kejari Tebo Belum Eksekusi Iday, Tunggu Salinan Lengkap

Daerah

Ketua KORMI Aivandri Tutup Kejuaraan Pagar Nusa Cup I dan Festival Silat Tahun 2023

Berita

DPC Demokrat Tebo Segera Usulkan Pengganti Iday