Lakukan Mediasi, Pj Bupati Tebo Aspan Jamin 5 Perangkat Desa Jambu Kembali Kerja Pelantikan Kades di Tebo Serentak Dilaksanakan di Taman Tanggo Rajo, Ini Kata Aspan Lantik 39 Kades Terpilih, Pj Bupati Tebo Minta Kades Segera Bekerja 4 Pejabat Eselon II Pemkab Tebo Diambil Sumpah Jabatan, 1 Orang Dimutasi WALHI Jambi dan LP2LH Laporkan Dinas Kesehatan dan KB ke Kejaksaan Negeri Tebo

Home / Berita / Hukrim / Pemilu / Politik / Tebo

Senin, 6 Mei 2024 - 08:59 WIB

Kasus Penggelembungan Suara, Ketua PPK Sumay dan Tengah Ilir Bakal Jadi Tersangka

KATANETIZEN, TEBO – Dijatuhkanya Vonis 8 bulan dan denda 24 Juta, terhadap Randi Humaidi dan Alirmansyah, membuka fakta baru terkait perkara penggelembungan suara Pileg lalu.

Penggelembungan suara terhadap salah satu Calon Legeslatif (Caleg) Partai Demokrat ini, saat ini menjadi perhatian smua pihak mengingat temuan ini terjadi di dua kecamatan.

Kapolres Tebo, melalui Kepala Satuan Resese Kriminal (Kasat Reskrim, red) Polres Tebo Inspektur Satu (Iptu) Yoga Darma Susanto, mengatakan perkara ni masih terus dikembangkan. Dan dari temuan dan fakta persidangan, ada keterlibatan dari pihak lain dan anggota PPK di Kecamatan Tengah Ilir dan Kecamatan Sumay.

“Dari bawaslu sudah buat temuan awalnya, dari situ nanti kita terbitkan laporan baru,” ungkap Iptu Yoga Darma Susanto.

Temuan awal ini adalah keterlibatan Ketua PPK Kecamatan Sumay dan Kecamatan Tengah Ilir. Yang saat ini tidak kooperatif dalam klarifikasi yang dilakukan tim Gakumdu.

“Kuat dugaan ada keterlibatan Ketua PPK Sumay dan Tengah Ilir bawaslu saat ini sedang merampungkan laporan temuan awalnya, setelah itu baru dilimpahkan ke Gakkumdu,” bebernya.

Untuk diketahui, pada perkara ini, Operator Sirekap PPK Kecamatan Sumay dan Tengah ilir divonis 8 bulan dengan dengan Rp. 24 Juta subsider 1 bulan.

Seperti diberitakan sebelumnya penggelembungan suara yang terbongkar dalam rapat pleno KPU Kabupaten Tebo terjadi pada Caleg DPR RI nomor urut 8, Syamsu Rizal.

Di Kecamatan Tengah Ilir, perolehan suara dalam D Hasil sebanyak 2.967. Setelah dihitung ulang dalam pleno kabupaten suara yang diperoleh hanya 534 suara.

Terjadi penggelembungan suara sebanyak 2.433 suara. Kemudian di Kecamatan Sumay, perolehan suara dalam D hasil sebanyak 2.481 suara.

Setelah dihitung ulang hanya memperoleh sebanyak 1.157 suara. Dengan demikian adanya penggelembungan suara sebanyak 1.324 suara.

BACA JUGA :  Beredar Isu SPPD Pengawas Dipotong, Korwas Bantah Adanya Pemotongan

Penulis : Hamdi Lassepa

Share :

Baca Juga

Partai Peserta Pemilu

Berita

Resmi Ditetapkan, Ini Nomor Urut Partai Peserta Pemilu 2024

Berita

Potensi Danau Tebakang, KORMI Tebo Proyeksikan jadi Pusat Olahraga Masyarakat

Berita

Empat Bacabup Sudah Kembalikan Formulir NasDem
Pelaku investasi bodong

Berita

Tipu Korban dengan Modus Investasi Kredit Emas, Ibu Rumah Tangga di Tebo Ditangkap Polisi

Berita

Resmi jadi Bacaleg Demokrat, Zakaria Siap Maju jadi DPRD Bungo

Advetorial

Menjadi Pendaftar Pertama di PKB Tebo, Berkas Bacalon Bupati Tebo Afriansyah Dinyatakan Lengkap
Kpk

Berita

KPK Tahan 10 Mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi terkait Suap Ketuk Palu RAPBD Jambi Tahun 2017 dan 2018
Stadion

Berita

Ini Pemenang Tender Proyek Stadion Center, Kini Masuk Tahap Sanggah