Lakukan Mediasi, Pj Bupati Tebo Aspan Jamin 5 Perangkat Desa Jambu Kembali Kerja Pelantikan Kades di Tebo Serentak Dilaksanakan di Taman Tanggo Rajo, Ini Kata Aspan Lantik 39 Kades Terpilih, Pj Bupati Tebo Minta Kades Segera Bekerja 4 Pejabat Eselon II Pemkab Tebo Diambil Sumpah Jabatan, 1 Orang Dimutasi WALHI Jambi dan LP2LH Laporkan Dinas Kesehatan dan KB ke Kejaksaan Negeri Tebo

Home / Berita / Pemerintahan / Pemilu / Tebo

Minggu, 26 Mei 2024 - 20:45 WIB

Wow!! Dana Pengaman Pilkada Tebo 3,9 Milyar

KATANETIZEN.id, TEBO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) diketahui telah menyetujui dana pengamanan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tebo tahun 2024 sekitar Rp 3,9 miliyar. Ini ditandai dengan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkab Tebo, Polres Tebo dan Kodim 0416 BUTE.

NPHD ini ditandatangani langsung oleh Penjabat Bupati Varial Adhi Putra, Kapolres Tebo I Wayan Artha Ariawan dan Dandim 0416 BUTE Letkol Infanteri Arief Widiyanto, di Rumah Dinas Bupati Tebo, pada senin (20/05/2024) lalau.

Pelaksana Harian (PLH) Kaban Kesbangpol Tebo Sugiyarto mengatakan, jumlah tersebut untuk Polres Tebo Rp 2,8 miliyar dan Kodim 0416 Bute Rp 1,1 miliyar.

“Dana pengamanan Pilkada dibagi kedalam dua mata anggaran, pada APBD murni 2024 dan APBDP tahun 2024,” katanya.

Lanjut Sugiyarto, untuk Polres Tebo dana tersedia pada APBD murni Rp 1,8 miliyar dan pada APBDP 2024 Rp 1 miliyar. Sedangkan Kodim 0416 BUTE, pada APBD murni Rp 700 juta dan pada APBDP 2024 Rp 400 juta.

Dalam sambutannya, Kapolres Tebo AKBP I Wayan Artha Ariawan berjanji akan mengawal tahapan Pilkada Serta akan koordinasi dengan instansi terkait.

“Belajar dari kejadian kemarin, jangan sampai terjadi kembali. Kalau sampai terjadi, seperti kata Bupati. Kementerian sendiri telah mengetahui, jika Kabupaten Tebo Kerawanan pada Pilkada yang lalu, karena ada pembakaran dan Pemilihan Suara Ulang (PSU),” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Komandan Kodim 0416 BUTE Letkol Infanteri Arief Widiyanto, jika prajurit TNI siap untuk bersinergi dengan pihak terkait dalam hal pengamanan.

“Kami dari Kodim mohon bimbingan dan arahan dalam mengelola dana hibah. Baik sebelum pelaksanaan, sedang berjalan hingga pasca Pilkada,” jelasnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Varial Adhi Putra mengaku, pernah di panggil Mendagri dan di ingatkan melalui staf khusus Kemendagri. Jika, Kabupaten Tebo memiliki track record ketika Pilkada. Seperti pembakaran kotak suara dan Pemilihan Suara Ulang (PSU)

“Untuk itu diharapakan, hal tersebut tidak terjadi lagi pada Pilkada 2024 ini. Semoga Pilkada berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,” pungkasnya.

 

Penulis : Hamdi Lassepa

Share :

Baca Juga

Daerah

Ketua KORMI Aivandri Tutup Kejuaraan Pagar Nusa Cup I dan Festival Silat Tahun 2023

Berita

Musorkablub KONI Tebo, Varial Adhi Putra Ingatkan Ketua Terpilih : KONI Bukan Ajang Cari Penghasilan
Pj Bupati Tebo Aspan

Berita

Jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Pemkab Tebo Gelar Operasi Pasar
Amer Muamar

Berita

Refleksi Singkat Perjalanan dan Sikap Politik NU

Berita

Ini Nama-nama 331 Bacaleg di Tebo yang Lolos Ikuti Pemilu 2024
Kantor Camat Tebo Ilir

Berita

Tak Bisa Rekam e-KTP di Kantor Camat, Warga Tebo Ilir Terpaksa Harus ke Kantor Dukcapil
Pj Bupati Tebo

Berita

Lakukan Mediasi, Pj Bupati Tebo Aspan Jamin 5 Perangkat Desa Jambu Kembali Kerja

Berita

Resmi jadi Bacaleg Demokrat, Zakaria Siap Maju jadi DPRD Bungo